in ,

5 Cara Mempercepat Download Download Di HP Android

Cara Mempercepat Download Download Di HP Android

Halo, kali ini OmJin akan memberikan informasi mengenai 5 Cara Mempercepat Download Download Di HP Android. Sebagai pengguna hp android pastinya kalian pernah atau bahkan sering mengunduh file, entah itu game, video dan lainnya. Namun, proses download yang terkadang sangat lama membuat bosan menunggunya. Hal itu membuat banyak pengguna android mencari cara mempercepat download di hp android.

Kalian datang di tempat yang tepat karena kali ini saya akan membahas cara untuk percepat proses download di android. Jadi pastikan kalian simak terus artikel ini sampai selesai supaya kalian bisa mempraktekannya sendiri. Berikut cara mempercepat download di hp android dengan mudah.

5 Cara Mempercepat Download Download Di HP Android

1. Dengan Menggunakan DNS

Cara pertama untuk mempercepat download di hp android adalah dengan menggunakan DNS untuk menstabilkan proses download. DNS memiliki fungsi membuat koneksi agar lebih stabil, tapi jika mengatur DNS kurang tepat malah justru bisa memperlambat proses download. Untuk melakukan cara ini, kalian harus download dahulu aplikasi bernama DNS Changer di Google Play Store.

Jik aplikasi DNS Changer sudah kalian install. Sekarang buka aplikasinya dan isikan salah satu DNS di bawah ini:

DNS Google

DNS 1: 8.8.8.8

DNS 2: 8.8.4.4

Kalian bisa pilih salah satu saja atau kalian bisa coba satu-satu dan bandingkan mana yang lebih cepat untuk mendownload.

2. Atur Jaringan

Mungkin kalian mngira kalau jaringan 4G juga pasti cepat dan stabil. Nyatanya tidak semua wilayah memiliki jaringan 4G yang stabil. Jadi jika jaringan 4G di wilayah kalian kurang stabil, sebaiknya gunakan jaringan 3G atau WCDMA. Dengan begitu, kecepatan download akan lebih cepat dan tidak drop.

Untuk mengatur jaringan di hp android, kalian harus masuk ke menu pengaturan dan pilih network setting. Setelah itu, kalian tap network type dan pilih WCDMA. Jika sudah, kalian bisa mulai download file tujuan yang pastinya dengan kecepatan yang lebih stabil. Jika masih kurang puas dengan kecepatan downloadnya, kalian bisa coba cara selanjutnya.

3. Mengunakan VPN

Fungsi utama VPN sebenarnya untuk mengamankan koneksi internet dengan menyamarkan alamat ip perangkat. Namun, kalian juga bisa memanfaatkan VPN untuk menstabilkan kocepatan download dengan melepas pembatasan pada situs file hosting. Kalian bisa menggunakan aplikasi VPN yang tersedia di Play Store, seperti Psiphone.

4. Menggunakan Download Manager

Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan aplikasi IDM pada perangkat pc. Nah, itulah salah satu aplikasi download manager, jika di perangkat pc ada IDM maka di hp android ada aplikasi bernaam ADM (Advanced Download Manager) dan lainnya. Aplikasi tersebut sama-sama berfungsi untuk mempercepat dan menstabilkan proses download.

5. Tidak Download Banyak File Bersamaan

Banyak orang yang berpikiran kalau mengunduh file secara bersamaan mungkin akan lebih efektif dan menghemat waktu. Namun, nyatanya justru sebaliknya dimana kecepatan download akan berkurang karena terbagi-bagi untuk mengunduh file lain. Bahkan bisa saja menyebabkan proses download gagal.

Demikian pembahasan cara mempercepat download download di hp android dengan mudah dan ampuh. Semoga cara di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk kalian yang ingin mempercepat download di android. Selamat mencoba!