in ,

8 Aplikasi Emulator Android Terbaik dan Ringan

Aplikasi Emulator android terbaik dan ringan

Halo, kali ini OmJin akan memberikan informasi mengenai 8 Aplikasi Emulator android terbaik dan ringan. Saat ini sudah banyak sekali game android yang bagus dan tidak kalah dengan game dari platform lain. Tidak heran jika para pengguna hp android yang suka memainkan game di smartphone mereka .

Namun, bagaimana jadinya jika hp android Anda sedang rusak atau tidak memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk bermain game? Hal tersebut bisa diakali dengan memainkan game android di komputer atau laptop.

Anda bisa memainkan berbagai game android di perangkat pc dengan bantuan aplikasi emulator android. Ada banyak emulator android yang memungkinkan Anda untuk memainkan game android di pc. Tetapi, tidak semua emulator android memiliki fitur yang sama dan tidak semua ringan saat digunakan sehingga Anda perlu memilih emulator yang tepat agar bisa bermain game dengan nyaman dan memuaskan.

Jika Anda penasaran aplikasi emulator android apa saja yang dimaksud maka Anda perlu simak artikel ini sampai selesai. Dengan begitu, Anda bisa memilih sendiri aplikasi emulator android mana yang Anda sukai. Langsung saja simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

8 Aplikasi Emulator android terbaik dan ringan

1. Nox Player

Aplikasi emulator android terbaik dan ringan yang pertama adalah Nox Player yang sudah populer digunakan oleh banyak pengguna pc. Nox Player bisa Anda gunakan pada Mac dan Windows, ada juga fitur multi simulator yang menjadi salah satu kelebihan emulator android ini. Dengan fitur tersebut Anda bisa menjalankan game atau aplikasi android yang berbeda pada Nox Player.

Selain itu, Nox player juga mendukung joystick dan konsol tambahan lain yang akan membuat Anda semakin nyaman dalam bermain game android. Aplikasi emulator yang satu ini cukup ringan saat digunakan di komputer atau laptop Anda. Nox Player hanya membutuhkan RAM setidaknya 2 GB agar bisa digunakan dengan lancar.

2. KoPlayer

Emulator android terbaik serta ringan selanjutnya ialah KoPlayer yang sama-sama dibekali dengan fitur yang lengkap dan ringan digunakan. Seperti Nox Player, KoPlayer juga bisa digunakan di perangkat Windows dan Mac. Berbagai game dan aplikasi android bisa Anda mainkan di emulator android ini dengan mengunduhnya langsung di Play Store ataupun menginstall dari penyimpanan pc Anda.

KoPlayer mempunyai antarmuka yang simpel sehingga mudah dipahami dan mudah digunakan. Tak hanya itu, Tersedia juga fitur untuk merekam layar yang bisa Anda manfaatkan untuk merekam game kesukaan kamu. Untuk bisa menggunakan aplikasi emulator ini maka Anda harus memiliki perangkat komputer atau laptop dengan RAM setidaknya 2 GB dan 10 GB ruang penyimpanan kosong.

3. Bluestacks

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan aplikasi emulator android yang satu ini, yakni Bluestack yang sudah sangat populer dan diunduh oleh jutaan pengguna pc. Hal tersebut dikarenakan Bluestack memiliki beragam fitur menarik dan mendukung banyak game dan aplikasi android. Aplikasinya yang cukup ringan juga menjadi kelebihan dari Bluestack. Selain digunakan di Windows, Bluestack juga bisa diinstal di perangkat Mac.

Untuk menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah dimana Anda hanya perlu install aplikasi Bluestack dan login untuk mengunduh game atau aplikasi android yang Anda inginkan. Setelah itu, Anda bisa langsung memainkan game android yang sudah anda unduh sebelumnya. Spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi Bluestack dengan lancar, yaitu RAM 2 GB dan 5 GB penyimpanan kosong.

4. LeapDroid Emulator

LeapDroid Emulator juga menjadi salah satu emulator android yang ringan untuk bermain game android. Anda bisa mendapatkan LeapDroid Emulator secara gratis untuk perangkat Windows. Salah satu fitur andalan dari emulator ini adalah kustomisasi kontroler untuk menyesuaikan game yang Anda mainkan di LeapDroid Emulator. Aplikasi ini terbilang ringan dan memiliki ukuran yang kecil dibanding emulator android lain.

LeapDroid Emulator hanya membutuhkan setidaknya RAM 2 GB dan penyimpanan kosong 2 GB untuk bisa menggunakannya dengan maksimal. Anda bisa mengunduh game atau aplikasi di Play Store yang sudah terpasang di LeapDroid Emulator. Setelah itu, Anda bisa langsung mainkan game yang sudah diunduh.

5. Droid4X

Jika membahas aplikasi emulator android maka tidak lengkap jika tidak membahas Droid4X. Banyak fitur menarik yang bisa Anda temui di aplikasi Droid4X ini, seperti fitur untuk merekam layar pc Anda. Selain itu, Anda juga bisa konfigurasi keyboard ataupun gamepad supaya lebih nyaman dalam memainkan game android di Droid4X.

Tak hanya itu, Droid4X juga mendukung layar sentuh jika pc Anda memiliki fasilitas layar sentuh. Aplikasi ini bisa dijalankan pada system operasi Windows XP hingga Windows 10 dan hanya memerlukan RAM 2 GB. Untuk penyimpanan kosong, Anda perlu menyiapkan setidknya 2 GB untuk memasang Droid4X di komputer atau laptop Anda.

6. MEmu Play

Rekomendasi emulator android ringan selanjutnya yang bisa Anda coba adalah MEmu Play. Aplikasi yang dirilis tahun 2015 ini bisa Anda gunakan untuk bermain game android dengan lancar, seperti PUBG Mobile, Mobile Legend, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan berbagai aplikasi android di MEmu Play.

Seperti aplikasi emulator android sebelum-sebelumnya, MEmu Play juga memerlukan setidaknya RAM 2 GB agar bisa dijalankan dengan lancar. Anda bisa memasang MEmu Play pada WindowsXP SP3, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, hingga Windows 10. Seblum memasang MEmu Play, sebaiknya pastikan dahulu kalau komputer atau laptop Anda memenuhi spesifikasi tersebut atau lebih bagus.

7. YouWave

Aplikasi emulator android terbaik dan ringan yang berikutnya adalah YouWave yang juga memiliki fitur lengkap dan ringan. Aplikasi emulator android yang satu tidak membutuhkan spesifikasi pc yang tinggi, cukup dengan RAM 2 GB, penyimpanan kosong 500 MB, dan CPU Intel Pentium 1.6GHz. Spesifikasi tersebut sudah mampu menjalankan YouWave dengan lancar atau jika lebih bagus lagi jika spesifikasi pc Anda lebih tingga dari yang  tertera.

YouWave memiliki dua versi, yaitu versi berbayar dan gratis yang masing-masing memiliki berbedaan. Pada YouWave yang gratis memiliki versi android 4.04 sedangkan pada YouWave berbayar memiliki versi android 5.1.1. Meski versi androidnya lebih rendah, namun YouWave versi gratis juga sudah cukup untuk menjalankan berbagai game dan aplikasi android dengan maksimal. Tetapi peforma pada versi berbayar tentu lebih bagus.

8. Remix OS Player

Untuk rekomendasi emulator android terbaik dan ringan yang terakhir ialah Remix OS Player. Anda bisa memainkan game-game HD dengan lancar menggunakan Remix OS Player ini. Berbagai aplikasi yang Anda butuhkan juga bisa diinstal dan dijalan di emulator android yang satu ini.

Demikian pembahasan aplikasi emulator android terbaik dan ringan yang bisa Anda coba di komputer atau laptop Anda. Semoga bahasan di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda yang mungkin sedang mencari emulator android ringan untuk pc Anda. Mana aplikasi emulator android yang ingin Anda gunakan?