in ,

Cara Memperbaiki Aki Kering

Cara Memperbaiki Aki Kering – Baterai atau aki pada sebuah kendaraan roda dua atau empat merupakan sumber daya bertenaga DC. Lebih detailnya, accu kering disebut juga dengan MF Battery atau (Maintenance-ree Battery) karena perawatannya jauh lebih mudah daripada accu basah. Inilah sebabnya mengapa semakin banyak produsen mobil yang menggunakan baterai sel kering sebagai sumber tenaga pada kendaraan mereka.

Namun, Anda sebagai pemilik mobil juga perlu mengantisipasi jika aki rusak. Semua perangkat elektronik yang berhubungan dengan kelistrikan tentunya rentan mengalami kerusakan seperti mati total.

Cara Merawat Aki Kering Agar Tidak Cepat Soak

Sebelum Saya membahas mengenai bagaimana cara memperbaiki aki kering yang rusak. Alangkah baiknya Anda terlebih dahulu untuk mengetahui cara merawat aki kering pada kendaraan Anda agar tetap terawat atau tidak mudah soak.

Berikut ulasannya dibawah ini:

Pastikan Ada Kelistrikan Di Aki Kendaraan

Menyediakan listrik ke aki Anda adalah salah satu cara terbaik untuk merawat aki mobil Anda. Saat Anda merasa mobil mulai kesulitan untuk dihidupkan, kemungkinan besar baterai mobil mulai habis. Isi daya listrik kendaraan segera.

Lakukan Pemanasan Kendaraan Secara Berkala

Sekalipun kendaraan tidak sedang digunakan, tetap perlu dilakukan pemanasan mesin kendaraan setiap hari. Mobil yang tidak pernah dipanaskan akan mempengaruhi kesehatan baterai. Baterai cepat habis dan aus. Oleh karena itu biasakan untuk menghangatkan mesin mobil setiap hari setidaknya selama 10 menit.

Bersihkan Aki Kendaraan Secara Berkala

Salah satu tip paling sederhana untuk menjaga kesehatan baterai adalah membersihkan baterai Anda secara teratur. Salah satu bagian yang perlu lebih diperhatikan adalah terminal baterai. Terminal baterai biasanya tertutup debu dan kotoran. Hal ini menyebabkan terganggunya konduktivitas listrik aki ke komponen kendaraan.

Perhatikan Beban Penggunaan Aki Kendaraan

Salah satu cara terbaik untuk merawat aki mobil Anda adalah dengan melacak beban yang Anda gunakan secara teratur. Pengecekan harus dilakukan secara rutin. Tes ini berguna untuk menentukan kondisi baterai secara tepat. Anda bisa mengecek beban pemakaian baterainya sendiri di bengkel.

Cara Memperbaiki Aki Kering Pada Kendaraan

Tidak seperti aki atau baterai basah, yang perlu diisi ulang secara berkala dengan cairan, baterai kering lebih sederhana dan lebih mudah perawatannya. Pertama-tama, siapkan peralatan Anda untuk diperbaiki:

  • Air aki khusus untuk pengisian aki baru (tanpa isi ulang).
  • Obeng berlubang untuk membuka penutup baterai.
  • Kain atau kain lap untuk mencegah baterai menetes.
  • Jarum suntik untuk menyuntikkan air aki ke dalam kompartemen aki kering.

Berikut inilah langkah-langkah yang harus Anda lakukan saat ingin memperbaiki aki pada kendaraan Anda yang bisa Anda lihat petunjuk dibawah ini:

Cara Pertama

Pertama-tama keluarkan aki dari kendaraan dengan melepas kutub positif (+) untuk menghindari percikan api akibat reaksi menyentuh logam dan kutub negatif (-).

Cara kedua

Setelah aki dikeluarkan dari kendaraan, langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian luar aki. Apa tujuannya? Jadi saat Anda mulai membuka baterai dan membongkarnya, tidak ada kotoran yang masuk ke dalamnya dan justru mengganggu proses perbaikan baterai kering. Bersihkan dengan menyekanya dengan kain lembut.

Cara ketiga

Langkah selanjutnya adalah membongkar penutup aki kering. Gunakan obeng pipih yang disertakan (-). Jika ini sulit, biarkan tetap terbuka untuk menghindari kerusakan pada baterai yang kosong sepenuhnya.

Cara keempat

Kemudian kami melanjutkan ke panggung utama, yang mengisi baterai dengan air (zuur). Siapkan lap dan alat suntik. Kemudian pastikan lubang karet pada aki terbuka penuh. Kemudian tuangkan air dari aki ke dalam spuit dan isi setiap lubang 1 cm di bawah lubang aki.

Ikuti langkah ini sampai semua lubang karet terisi air dari baterai. Ingatlah untuk menutup kembali lubang karet dan memastikannya pas. Hanya dengan demikian baterai dapat dikembalikan ke kondisi normalnya. Pastikan semuanya tertutup rapat agar tidak ada celah untuk udara masuk.

Cara kelima

Tidak hanya di sini, langkah selanjutnya adalah mengisi daya baterai. Istilah umum yang digunakan untuk ini adalah setrum baterai. Dua metode yang umum digunakan: pengisian baterai dengan muatan listrik dan pengisian dengan jumper.

Untuk pengisian dengan listrik, biasanya setiap bengkel memiliki alat untuk mengisi baterai dengan arus listrik. Secara sederhana, ini sama dengan mengisi daya ponsel. Sedangkan saat menggunakan metode jumper, Anda hanya membutuhkan jumper baterai dengan kabel. Hubungkan kutub positif baterai Anda ke baterai lainnya serta kutub negatif. Kemudian diamkan selama 60 menit.

Demikianlah cara dan tips memperbaiki aki kering pada artikel kali ini. Semoga dengan pembahasan artikel ini dapat memberikan manfaat untuk sobat semua, selamat mencoba.