in ,

Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal yang Tidak Terbaca

Cara-Memperbaiki-Haardisk-External
Cara-Memperbaiki-Haardisk-External

Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal yang Tidak Terbaca – Saat menggunakan hard drive, Anda pasti pernah mengalami masalah dengan hard drive, salah satunya tidak dapat dibaca. Luangkan waktu Anda untuk berpikir bahwa hard drive tidak dapat digunakan lagi dan putuskan untuk membeli yang baru.

Mungkin masalah dengan hard drive yang tidak dapat dibaca dapat diselesaikan dengan metode alternatif.

Hardisk sendiri merupakan salah satu media yang berfungsi sebagai media penyimpan di dalam sebuah komputer. Hingga saat ini hardisk masih menjadi media penyimpanan yang banyak digunakan oleh penduduk dibandingkan dengan solid state drive.

Ini karena kapasitas yang disediakan oleh hard drive biasanya lebih tinggi dan harganya relatif lebih murah dibandingkan SSD.

Bagaimana Cara Memperbaiki hardisk eksternal yang Tidak Terbaca

Untuk cara memperbaikinya mudah saja. Bahkan, saat komponen hard drive masih baik-baik saja, drive yang tidak terdeteksi dapat muncul kembali.

Saya telah memperbaiki sendiri hard drive eksternal Seagate yang tidak dapat dibaca. Hasil? Berhasil! Bahkan ketika saya cek aplikasi monitoring harddisk, hasilnya normal.

Berikut ini kami akan berikan langkah-langkah yang dapat diambil saat ingin memperbaiki hardisk exsternal Anda yang rusak dibawah ini:

Garansi Hardisk

Ada banyak penyebab kerusakan hard drive. Diantaranya ada yang jatuh atau karena mati listrik secara mendadak, seperti yang saya katakan tadi.

Adakah cara untuk memperbaiki hard drive yang rusak? Ada lebih dari satu jawaban. Namun itu bisa dengan mengganti bagian harddisk yang rusak dengan bagian harddisk lain yang masih normal.

Jadi tentunya Anda perlu membeli harddisk, bukan? Ini membutuhkan uang, ini juga tidak akurat. Jadi saya merekomendasikan di sini dalam garansi. Biasanya harddisk nantinya langsung diganti dengan yang baru yang masih berfungsi.

Ganti Penutup atau Casing Hardisk

Saya biasanya merekomendasikan hal ini ketika seseorang bertanya mengapa hard drive eksternal tidak terdeteksi di komputer.

Pasalnya, case ini merupakan bagian yang penting, sama pentingnya dengan kabel. Ada port SATA di dalamnya serta konverter untuk mengubah ke USB.

Jika rusak pasti akan mengganggu pekerjaannya.

Anda bisa mencoba memikirkan untuk menggantinya. Di marketplace seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia, Lazada, atau toko komputer terdekat ada cukup banyak pilihannya, mulai dari harga 50 sampai yang relatif mahal (kalau menurut saya dapat dikit mahal saja).

Coba ganti kabel penutup USB

Kabel USB dalam hal ini sangat, sangat penting untuk hard drive eksternal.

Ada dua jenis kabel USB di dalam penutup hard drive:

  • USB Type-C tebal.
  • USB ke USB (Male).

Di sini Anda dapat mencoba mengganti kabel dari penutup hard drive. Hal ini terkadang berdampak besar, terutama jika kabelnya tidak cukup bagus.

Kabelnya sendiri (harga) relatif murah dan terjangkau. Anda dapat membelinya di toko atau pasar komputer terdekat.

Jalankan Format Level Rendah

Apa itu format level rendah? Singkatnya, ini adalah proses pemformatan yang dirancang untuk menghapus data hard drive hingga 100% bersih.

Faktanya adalah bahwa semua file yang disimpan, terlihat atau tidak terlihat, file pengaturan sistem pada hard drive, dan sebagainya, akan hilang. Jadi beda dengan format biasanya.

Anda dapat mencoba menggunakan alat pemformatan HDD tingkat rendah:

  • Silahkan download aplikasinya ke HDDGuru terlebih dahulu.
  • Instal dan buka aplikasi (jika Anda memilih Portabel, Anda dapat langsung membukanya).
  • Pilih hard drive eksternal dari daftar.
  • Kemudian lanjutkan dengan pemformatan.

Lamanya waktu tergantung pada kapasitas hard drive dan jumlah data di dalamnya. Jika ini normal, hard drive mungkin kembali normal.

Ganti Letter Hardisk

Seperti yang Anda ketahui, ketika hard drive Windows terdeteksi, sebuah surat muncul. Misalnya C: G: dan lainnya.

Ada juga masalah kecil disini dimana surat itu tidak muncul. Efeknya adalah hard drive tidak terdeteksi.

Cara memperbaikinya seperti ini:

  • Di kotak pencarian Windows -> ketik Disk Management -> lalu buka.
  • Pilih hardisk eksternal yang sudah terbaca → Kemudian klik “Change drive letter and path”.
  • Setelah itu klik “Tambah” atau “Edit” untuk menambahkan surat.
  • Ikuti instruksinya sampai selesai.

Jika demikian, hard drive eksternal yang tidak muncul akan berfungsi dengan baik lagi. Dan Anda bisa menggunakannya seperti biasa.

Port Sakelar USB

Setiap komputer atau laptop harus memiliki lebih dari satu port USB. Dan di sini Anda perlu tahu.

Setiap port terkadang memiliki kualitas daya yang berbeda. Contoh sederhana dari bagian belakang port USB komputer lebih baik daripada port USB casing.

Di sini Anda perlu memastikan hard drive terhubung ke port yang benar. Jika perlu, pindahkan port hingga terbaca.

Untuk pengguna hard drive eksternal, pastikan untuk memasang kabel daya (jika tersedia). Misalnya, hard drive 3,5 inci biasanya memiliki kabel daya khusus.

Setel Ulang Pengaturan Manajemen Disk

Saya melakukan ini satu kali, mengatur ulang Manajemen Disk untuk memperbaiki hard drive eksternal Seagate yang tidak dapat dibaca sebelum akhirnya berfungsi.

Pasalnya, kebanyakan orang hanya melihat hard disk membaca atau tidak melalui hard disk. Meskipun bisa jadi drive mengalami masalah dan hanya muncul di manajemen disk.

Langkah-langkahnya sangat sederhana:

  • Di kotak pencarian Windows -> ketik Disk Management -> lalu buka.
  • Kemudian periksa apakah hard drive Anda ditemukan di sana?
  • Jika ada → Klik kanan disk → Lalu klik Hapus Volume.
  • Jika ya, → klik kanan hasil “Format Disk” → lalu klik “New Simple Volume”.
  • Ikuti instruksinya sampai selesai. Pilih FAT32 untuk memformat disk.

Metode ini akan menghapus data yang tersimpan pada hardisk Anda. Maka sebelum melakukan dengan cara ini alangkah baiknya untuk dipertimbangkan terlebih dahulu.

Instal Ulang Driver Hardisk

Saat hard drive terhubung, Windows akan menginstal driver secara otomatis. Jika tidak, tidak ada perangkat keras yang ditemukan.

Di beberapa komputer, terkadang ada masalah saat tidak menginstal driver ini. Namun, Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik kanan Computer -> klik Properties -> Kemudian buka Device Manager (kiri).
  • Temukan driver bernama USB Attached SCSI (UAS) Mass Storage Device.
  • Klik kanan perangkat → lalu klik Update Driver Software.
  • Kemudian klik “Temukan driver di komputer saya”.
  • Kemudian klik “Biarkan saya memilih dari daftar driver perangkat di komputer saya.”
  • Pastikan opsi Show Compatible Hardware dipilih hanya pada perangkat penyimpanan USB Attached SCSI (UAS).
  • Jika Anda mengklik Next -> Kemudian instal sebelum selesai

Kemudian restart komputer Anda. Kemudian coba sambungkan kembali hard drive.

Penyebab Hardisk Exsternal yang Tidak Terbaca

Berikut ini adalah penyebab hard drive eksternal yang tidak dapat dibaca di bawah ini:

Karena Kelistrikan yang Padam

Hard drive eksternal tiba-tiba menjadi tidak dapat dibaca karena listrik mati? Ini benar-benar dapat terjadi, bahkan dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki.

Karena Terjatuh atau Kebanting

Hard drive merupakan komponen yang sangat rentan terhadap guncangan. Jika jatuh, hal itu dapat mempengaruhi Gerakan berubah menjadi sektor yang buruk.

Hardisk yang Sudah Berusia

Jika harddisk sudah dipakai lebih dari 5 tahun, tidak heran jika tiba-tiba rusak? Tentu saja.

Casing Hardisk yang Longgar

Di dalam casing ada port SATA dengan konverter USB ke USB. Bisakah Anda bayangkan jika dia bergaul? Hard drive otomatis tidak akan terdeteksi.

Casing Hardisk yang Bermasalah

Secara lebih luas, masalahnya mungkin ada pada kandang hard drive. Ini bisa terjadi terutama jika Anda menggunakan casing yang murah.

Windows Tidak Mengenali Drive

Ketika hard drive terhubung, Windows akan secara otomatis mengenali dan membacanya. Dan jika tidak? Mungkin ada masalah dengan konfigurasi sistem.

Masalah kabel USB

Kabel USB diperlukan untuk menghubungkan hard drive eksternal. Ada dua fungsi yaitu kabel data dan kabel power. Jika salah satu dari mereka rusak, itu dapat mempengaruhi orang lain juga.

Tips berikut adalah satu-satunya yang dapat Anda coba sejauh ini. Pasalnya, hardisk eksternal yang tidak terdeteksi oleh laptop atau komputer memang menjadi masalah yang terkadang harus terulang kembali. Apalagi jika harddisknya rusak dan harus ada garansi.

Sekian pembahasan artikel diatas semoga bermanfaat bagi sobat sekalian ketika ingin memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terbaca, selamat mencoba.