in ,

Cara Mengatasi Game PC Tidak Bisa Dibuka Dengan Mudah

Cara Mengatasi Game PC Tidak Bisa Dibuka Dengan Mudah

Halo, kali ini OmJin akan memberikan informasi mengenai Cara Mengatasi Game PC Tidak Bisa Dibuka Dengan Mudah. Siapa sih yang tidak suka bermain game di pc? Banyak pengguna pc yang mengisi waktu luang meraka untuk bermain game. Tetapi akan sangat menjengkelkan apabila game pc yang hendak dimainkan tiba-tiba tidak bisa dibuka. Hal tersebut cukup sering terjadi terutama pada game yang baru diinstall di perangkat. Lalu bagaimana cara mengatasi game pc tidak bisa dibuka?

Game pc yang tidak bisa dibuka bisa disebabkan oleh berbagai hal baik pada pc ataupun game itu sendiri. Tapi jangan khawatir karena di kesempatan ini saya akan jelaskan caranya untuk kalian. Jadi simak baik-baik setiap cara yang akan saya bahas di bawah ini.

Cara Mengatasi Game PC Tidak Bisa Dibuka Dengan Mudah

 1. Restart PC

Cara pertama untuk mengatasi game pc tidak bisa dibuka adalah dengan merestart perangkat komputer atau laptop kalian. Pasalnya dengan melakukan restart pada pc bisa membuat system terefresh dan pc akan lebih stabil. Selain mudah cara ini juga terbilang cukup ampuh untuk mengatasi berbagai eror termasuk game yang tidak bisa dibuka di pc.

Untuk merestart pc sangatlah mudah, kalian hanya perlu tekan tombol Windows, lalu klik power dan pilih restart. Sekarang proses restart sedang berjalan di pc kalian. Tunggu hingga pc menyala kembali dan kalian bisa coba buka game yang tadinya eror tersebut. Seharusnya game sudah bisa berjalan dengan baik.

2. Hentikan Aplikasi Latar Belakang

Salah satu penyebab aplikasi atau game tidak bisa dibuka adalah ruang RAM yang tidak mencukupi. Salah satu cara untuk melegakan RAM di pc adalah dengan menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Terkadang aplikasi yang sudah ditutup akan terus berjalan di latar belakang. Oleh karena itu, kalian perlu menghentikannya secara manual.

Untuk menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang perangkat pc maka langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah masuk ke task manager. Lalu, klik kanan pada aplikasi yang ingin dihentikan dan pilih end task. Sekarang aplikasi tersebut tidak berjalan lagi di latar belakang perangkat pc kalian. Cobalah untuk membuka game yang tadinya eror apakah sudah bisa berjalan dengan baik atau belum.

3. Hapus File Sampah

File sampah yang menumpuk juga akan membebani system perangkat pc dan bisa berdampak pada peforma hingga aplikasi atau game tidak bisa berjalan dengan semestinya. Untuk mengatasi masalah ini kalian harus menghapus file sampah baik menggunakan aplikasi tambahan ataupun secara manual. Aplikasi yang bisa digunakan untuk menghapus file sampah di pc adalah CCleaner , dan lainnya.

4. Install Ulang Game

Mungkin saja pada saat proses install game teresebut tidak sempurna yang membuat ada file yang tidak terinstall. Kalian bisa hapus dan install ulang game tersebut dengan benar untuk meminimalisir terjadinya eror nantinya.

Nah itu dia beberapa cara mengatasi game pc tidak bisa dibuka dengan mudah dan ampuh. Cara di atas sangatlah simpel sehingga bisa dilakukan oleh para pemula sekalipun. Selamat mencoba!