in ,

Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Muncul Smartphone Android

Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Muncul Smartphone Android
Sumber Gambar : Trikinet.com

Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Muncul Smartphone Android – Masalah notifikasi yang tidak terjadi pada smartphone Android jarang terjadi. Namun dalam hal ini, harus diakui bahwa hal tersebut mengganggu pengguna, karena ada kemungkinan notifikasi yang tidak ditampilkan tersebut berisi pesan penting.

Untungnya, menemukan notifikasi yang hilang atau bermasalah di perangkat Android sangatlah mudah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

Periksa Pengaturan Pemberitahuan Aplikasi

Omjin.net – Jika Anda tidak melihat notifikasi tersebut, Anda bisa terlebih dahulu memeriksa pengaturan pada smartphone Android Anda. Ini perlu dilakukan untuk mengetahui apakah tombol untuk notifikasi yang diterima aktif.

Anda dapat melakukannya dengan membuka menu Pengaturan lalu memilih Pemberitahuan. Dari sana, Anda bisa mengetahui apakah memang ada aplikasi yang tidak menonaktifkan tombol notifikasi.

Jika Anda memiliki aplikasi pada ponsel pintar Android Anda dengan tombol notifikasi tidak aktif, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyetelnya ke Enabled agar Anda dapat menerima notifikasi.

Matikan Fungsi Pengoptimalan Baterai

Ilustrasi smartphone Android, gadget. Kredit: Pexels via Pixabay
Jika Anda tidak melihat notifikasi, Anda juga perlu memeriksa pengaturan baterai di perangkat. Ada baiknya jika Anda mematikan kemampuan untuk mengoptimalkan kinerja baterai atau menyesuaikan.

Pasalnya, saat fungsinya diaktifkan, smartphone secara otomatis menurunkan performa sejumlah aplikasi. Akibatnya, tidak jarang aplikasi yang dianggap jarang digunakan untuk melakukan jeda, memengaruhi masuknya notifikasi.

Untuk melakukan ini, Anda bisa mematikan fitur ini agar notifikasi tidak terlambat datang. Meski tampilannya sedikit berbeda tergantung tipe smartphone, yang harus Anda lakukan hanyalah membuka menu Settings, pilih Battery, dan matikan Battery Optimization.

Aktifkan Data Latar Belakang

Langkah lain yang dapat digunakan untuk menampilkan notifikasi adalah dengan memeriksa fungsionalitas data latar belakang di setiap aplikasi. Ini diperlukan untuk memastikan bahwa aplikasi apa pun tetap dapat mengakses data meskipun tidak dibuka.

Anda dapat mengaksesnya dan membuka aplikasi dari menu Pengaturan. Selanjutnya, pilih aplikasi yang ingin Anda periksa, buka Penggunaan Data dan aktifkan tombol Data Latar Belakang.

Lihat Fungsi Penyimpanan Data

Hal lain yang juga perlu diperhatikan saat tidak menampilkan notifikasi di smartphone Android adalah fitur Data Saver atau Data Saver. Saat fungsi ini aktif, fungsi data yang berjalan di background sering kali terhenti sehingga notifikasi tidak ditampilkan.

Sama seperti cara sebelumnya, langkah-langkah yang harus diikuti mungkin saja berbeda untuk tiap merek smartphone, namun garis besarnya tetap sama. Jadi yang harus Anda lakukan adalah membuka menu Settings, pilih Network, lalu buka Data Usage. Terakhir, yang harus Anda lakukan adalah menonaktifkan tombol Penghemat Data.

Cobalah Untuk Mengatur Ulang Aplikasi

Pilihan lainnya adalah mengatur ulang aplikasi yang mengalami masalah saat menerima pemberitahuan. Anda dapat melakukan ini dengan membuka menu Pengaturan, memilih Aplikasi dan membuka aplikasi. Setelah itu pilih Clear Cache.

Selain itu, Anda juga dapat menghapus aplikasi dan menginstalnya kembali dengan aman. Jika ini tidak memungkinkan, kemungkinan masalahnya ada pada aplikasi. Jadi, Anda harus menunggu pengembang menerapkan pembaruan.