in ,

Cara Mengatasi Video Tidak Bisa Diputar Di HP Android

Cara Mengatasi Video Tidak Bisa Diputar Di HP Android

Halo, kali ini OmJin akan memberikan informasi mengenai Cara Mengatasi Video Tidak Bisa Diputar Di HP Android. Menonton video di hp android merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh para pengguna hp android.

Namun, bagaimana jadinya jika video yang ada di hp android kalian tidak bisa diputar? Tentunya hal tersebut akan membuat kalian sangat terganggu karena tidak bisa menonton video yang sudah disimpan di penyimpanan android. Lalu bagaimana sih cara mengatasi video tidak bisa diputar di hp android?

Jika mengalami hal tersebut kalian tidak usah panik karena masalah tersebut bisa diatasi dengan cukup mudah. Jadi simak baik-baik artikel ini supaya kalian bisa mempraktekannya di smartphone kalian. Di bawah ini cara mengatasi video tidak bisa diputar di hp android.

Cara Mengatasi Video Tidak Bisa Diputar Di HP Android

1. Restart HP Android

Pertama-tama cobalah untuk merestart smartphone android kalian. Dengan begitu, system akan terefresh dan eror-eror pada system akan teratasi termasuk video yang tidak bisa diputar. Untuk merestart hp android tidaklah sulit, kalian hanya perlu menekan tombol power selama beberapa saat dan pilih restart.

Setelah itu, tunggu hingga hp android kalian menyala kembali yang berarti proses restart sudah selesai. Sekarang coba untuk putar video yang tadinya eror apakah sudah bisa atau belum. Jika masih tidak bisa dibuka maka sebaiknya coba cara selanjutnya.

2. Hapus Cache Aplikasi Pemutar Video

Cache sebenarnya memiliki peran yang cukup penting, namun jika terlalu berlebih juga bisa berdampak buruk pada aplikasi. Oleh karena itu, sebaiknya hapus cache pada aplikasi pemutar video yang kalian gunakan di hp android. Untuk melakukannya, pertama masuk ke menu pengaturan dan pilih aplikasi atau APPS.

Kemudian, tap pada aplikasi pemutar video yang digunakan. Terakhir, tekan hapus cache dan pilih ok untuk konfirmasi. Selesai, cache aplikasi pemutar video sudah berhasil dihapus dan kalian bisa putar video yang tadinya eror dengan lancar.

3. Gunakan Aplikasi Pemutar Video Lain

Bisa jadi penyebab video tidak bisa diputar di hp android kalian adalah karena aplikasi pemutar videonya yang eror. Kalian bisa coba gunakan aplikasi pemutar video lainnya yang tersedia di  Google Play Store. Biasanya cara ini ampuh untuk atasi video yang tidak bisa diputar di hp android. Tetapi jika video masih tidak bisa diputar maka kalian bisa praktekan opsi terakhir yang saya berikan di bawah ini.

4. Unduh Ulang Video

Jika 3 cara di atas masih tidak bisa, maka kalian perlu cek video yang eror tersebut apakah eror atau tidak. Coba putar video tersebut di perangkat lain, seperti di komputer atau hp lain. Jika di perangkat lain video tersebut bisa diputar maka permasalahan ada pada aplikasi pemutar video atau perangkat kalian. Tetapi jika video masih tidak bisa diputar di perangkat lain maka bisa dipastikan video tersebut memang eror.

Kalian bisa unduh ulang video tersebut dan pastikan proses unduhan selesai 100% dan menggunakan jaringan yang stabil. Pastikan juga video tidak corrupt.

Demikian pembahasan cara mengatasi video tidak bisa diputar di hp android dengan ampuh. Terima kasih.