in ,

Cara Mereset Windows 10 Dengan Mudah

Cara Mereset Windows 10 Dengan Mudah
Cara Mereset Windows 10 Dengan Mudah

Menyetel ulang sistem operasi terkadang merupakan salah satu cara terbaru dan terkuat untuk memulihkan kinerja perangkat yang rusak.

Ini berlaku untuk perangkat genggam seperti ponsel dan tablet serta komputer dan laptop. Jadi, jika Anda pengguna komputer atau laptop berbasis Windows yang tidak dapat memulihkan kinerja perangkat ke normal, Anda mungkin ingin melakukan reset Windows.

Mengatur ulang adalah opsi terakhir jika Anda memiliki masalah pada laptop atau PC Windows 10 Anda. Karena memilih langkah reset pc mana yang melakukan lebih banyak pekerjaan Anda juga.

Kenapa begitu? Karena saat laptop Windows 10 Anda di-reset, sebagian besar driver dan aplikasi akan tetap terhapus. Setelah proses reset selesai, Anda perlu menginstal ulang semua driver dan aplikasi penting lainnya.

Namun, jika masalahnya cukup rumit dan tidak ada jalan keluar lain, tidak perlu di-install ulang karena opsi reset ini jelas lebih tepat daripada install ulang. Hasil dari proses reset sama bagusnya dengan pemasangan baru, tetapi waktu yang diperlukan untuk melakukannya relatif sederhana.

Bagaimana? Begitu mudah!

Pertama, klik tombol Start lalu pilih Settings. Setelah itu cari menu Update & Security dan pilih Recovery.

Kemudian pilih Reset PC ini dan klik Memulai. Tunggu beberapa saat dan proses reset akan segera dilakukan.

Dua Opsi Reset

Ilustrasi Windows 10. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Untuk informasi Anda, ada dua opsi sebelum mengatur ulang Windows:

  1. sistem hanya akan diatur ulang, program selain Windows standar akan dihapus, tetapi sistem akan menyimpan file di ruang penyimpanan;

2. Sistem menghapus segalanya.

Opsi mana pun yang Anda pilih, harap sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin melakukan reset Windows pada laptop, pastikan baterai laptop memiliki daya yang cukup untuk melakukan proses reset. Jangan biarkan laptop menganggur saat proses reset sedang berlangsung.

Juga, pertimbangkan ini dengan sangat hati-hati sebelum membuat keputusan untuk mengatur ulang.

Informasi Penting Sebelum Mereset Ulang

Mengatur ulang adalah solusi terakhir menurut saya ketika solusi alternatif lain tidak berfungsi untuk menyelesaikan masalah pada komputer Windows 10 Anda. Pada tahap awal, coba pertimbangkan langkah titik pemulihan. Siapa tahu masalah Anda bisa diselesaikan hanya dengan prosedur ini.

Lanjutkan jika titik pemulihan tidak berfungsi. Coba gunakan fitur pemecahan masalah standar yang disediakan oleh Windows 10. Langkah ini tentu saja akan tergantung pada masalah yang Anda hadapi.

Memperbarui driver dan sistem bukanlah ide yang buruk. Banyak masalah yang dihadapi pengguna Windows 10 karena versi driver yang sudah ketinggalan zaman. Jadi tidak ada salahnya mencoba. Mintalah pendapat rekan kerja yang lebih berpengalaman dengan Windows 10.