in

Inilah 5 Fakta Menarik Tentang Sains yang Perlu Diketahui Manusia

source : theconvertation.com

Siapa nihh disini yang bilang kalo science itu membosankan? Banyak berbagai fakta yang sangat menarik dalam dunia science lhoo dan tentunya akan dapat menambah pengetahuan kamu. Dilansir dari berbagai sumber yang aktual, terpercaya menurut omJin sendiri, berikut ini adalah 5 Fakta Menarik Tentang Sains yang Perlu Diketahui Manusia yang dijamin superrr seru!

1. Suhu terdingin Se-alam semesta pernah tercatat ada di bumi

Menurut para ilmuan tempat terdingin yang ada di alam semesta adalah sebuah bintang yang berjarak 5 ribu tahun cahaya yang bernama bintang Nebula bumerang. Suhu terendah dari bintang ini tentu adalah sebesar 272,5 derajat Celcius atau sama dengan 458,5 derajat Fahrenheit.

Namun ternyata ada di belahan bumi yang pernah tercatat sebagai suhu yang lebih rendah dari pada suhu bintang tersebut. Tepatnya justru ada di sebuah Laboratorium Nasional bernama Gran Sasso, Italia. Dalam penelitian yang ada di laboratorium tersebut memang pernah tercatat sebagai suhu paling rendah yang mencapai minus 273,144 derajat Celcius, dingin banget kan . 

2. Galaksi kita ternyata punya rasa seperti buah

Apa kamu semua pernah denger atau membayangkan bagaimana rasa dari sebuah galaksi yang kita tinggali saat ini? Ternyata saat ilmuwan meneliti sebuah awan debu yang tersebar di galaksi bima sakti kita ini, ilmuan telah menemukan bahwa awan debu tersebut ternyata mengandung sebuah senyawa kimia yaitu etil format.

Menariknya adalah bahwa senyawa kimia ini juga terdapat banyak terkandung dalam sebuah rasberry hal itu sehingga besar kemungkinan bahwa rasa dari galaksi yang kita tinggali sekarang ini mirip dengan rasa buah dari raspberry atau di Indonesia sering juga disebut sebagai buah arbei.

3. Bagian tubuh dalam manusia ternyata menghasilkan cairan terlicin di dunia

Sepeti yang telah kita ketahui bahwa tubuh manusia memiliki banyak sekali hal yang menarik. Misalnya adalah seperti pada lutut manusia. Dalam lutut manusia ini ternyata terdapat sebuah pelumas yang bisa disebut sebagai cairan sinovial.

Cairan dari sinovial ini tentu berfungsi sebagai pelumas untuk berbagai sendi dan tendon. Ilmuan juga telah menemukan bahwa cairan sinovial ini adalah merupakan cairan paling licin yang ada di dunia dengan catatan konsistensi yang hampir mirip dengan putih telur.

4. Paus bukanlah Hewan organisme hidup yang terbesar di muka bumi

Koloni jamur itu dapat juga dikategorikan sebagai salah satu sebuah organisme yang hidup. Hal inilah yang menyebabkan sebuah jamur Armillaria ostoyae telah menjadi organisme terbesar yang pernah hidup di muka bumi ini.

Koloni sejenis jamur ini ternyata tumbuh seluas 22 ribu hektar yang ada di Hutan Nasional bernama Oregon Malheur dan berbagai fakta lainnya yang tak kalah seru adalah ternyata jamur ini merupakan sebuah jamur tertua yang telah berumur sekitar 2400 tahun lamanya.

5. Hanya ada satu saja organ tubuh manusia yang dapat mengapung di atas air

Dalam berbagai sebuah penelitian ditemukan bahwa paru-paru pada manusia memiliki luas permukaan yang ternyata setara dengan sebuah lapangan tenis. Selain hal itu, yang lebih menarik lagi adalah ternyata paru-paru merupakan satu-satunya organ tubuh yang dapat mengapung di permukaan air.