in

Ketahui Cara Mengatasi Penyimpanan Internal Cepat Penuh di Android

source : androox.com

Halo, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai ketahui Cara Mengatasi Penyimpanan Internal Cepat Penuh di Android.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa ketika kita mengalami gagal download sebuah aplikasi dari playstore hanya karena memori internal kamu penuh dan juga mendapatkan sebuah notice “Tidak Cukup Penyimpanan Pada Perangkat“. Kenapa hal seperti ini dapat terjadi? kemungkinan besar karena kamu telah terlalu banyak menginstall berbagai aplikasi dan juga jarang membersihkan file jenis cache pada hp smartphone.

Terus bagaimana sihh cara mengatasi memori internal yang cepat penuh, simak saja beberapa penjelasan yang sudah ada dibawah sini.

Cara Mengatasi Penyimpanan Internal Android Cepat Penuh

Untuk bisa mengatasi penyimpanan atau memori internal yang cepat penuh ataupun tidak cukup, kamu hanya perlu untnuk melakukan berbagai hal berikut ini.

1. Pindahkan Penyimpanan Aplikasi ke SD Card

Silahkan kamu pindahkan beberapa ruang aplikasi ke Micro SD atau pada Memori Eksternal. Disarankan agar menggunakan kartu memori yang memang memiliki kapasitas yang besar seperti sd card 16 atau 32 bahkan yang lebih.

2. Pindahkan Berbagai File Foto, Musik dan juga Video ke SD Card

Selain denganmemindahkan aplikasi, kamu juga perlu untuk memindahkan data penting lainnya yang seperti gambar, musik atau video, foto dan berbagai file lainnya. Hal ini tentunya bertujuan untuk memberikan ruang yang lebih pada memori internal dari hp android kamu.

3. Atur Ruang Penyimpanan Dari Hasil Jepretan Kamera

Hasil foto yang banyak dihasilkan hanya dari sekali jepret kamera smartphone saja sudah bisa mencapai 5 MB, kalau ini dibiarkan begini terus dipastikan bahwa memori internal hp kamu akan cepat penuh. Untuk bisa mengatasi masalah ini cukup kamu lakukan setelan pada kameranya.

4. Hapus Pesan Dari SMS atau Aplikasi

Walaupun memang cara ini tidak sangat berpengaruh terhadap ruang penyimpan internal kamu, setidaknya langkah ini tentu dapat sedikit membantu untuk meringankan beban pada kinerja memori internal dari hp smartphone kamu.

5. Hapus Berbagai Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Aplikasi seperti game android yang biasanya paling banyak dalam memakan memori internal kamu, bila pada aplikasi ini sudah tidak lagi kamu butuhkan akan sangat sebaiknya untuk segera dihapus. Intinya dengan segera hapus banyak aplikasi yang tidak lagi kamu butuhkan dalam waktu dekat.

6. Hapus File Jenis Cache Hp Android

Selain beberapa cara diatas, kamu juga perlu untuk membersihkan samua jenis cache pada sistem android kamu baik itu dari hasoil browsing maupun dari penggunaan aplikasi. Untuk bisa membersihkannya, kamu hanya bisa gunakan aplikasi jenis clean master atau berbagai jenis aplikasi pembersih yang lainnya.

7. Hapus Berbagai Data Aplikasi Offline

Aplikasi yang offline tentu adalah aplikasi yang telah menyediakan konten baik itu berupa file gambar, video atau artikel maupun jenis musik yang dapat kamu nikmati secara offline. Contoh pada aplikasi offline yaitu seperti youtube fitur offline, joox, atau google musik dan yang lainnya.

Nahh sekian informasi yang bisa kami berikan mengenai ketahui Cara Mengatasi Penyimpanan Internal Cepat Penuh di Android. Semoga bermanfaat!